Kesuksesan Public Relation Bukan Berasal Dari Keberuntungan

Kesuksesan Public Relation Bukan Berasal Dari Keberuntungan.jpeg

Kesuksesan public relation berasal dari kerja keras. Meskipun kita tidak dapat mengontrol persepsi, suasana hati, atau reaksi orang lain terhadap tindakan kita, kita dapat bekerja keras dan mengetahui bahwa hasil terbaik akan datang jika kita bertekun.

Seberapa pun besarnya kita menginginkan agar usaha-usaha public relation kita berjalan dengan lancar dan sukses, tidak ada tongkat ajaib yang dapat menyulap semuanya agar berjalan sesuai keinginan kita. Dibutuhkan komitmen, ketekunan, dan keyakinan bahwa usaha kita tidak akan sia-sia, dan suatu hari nanti akan berhasil.

Anda tentu tidak asing lagi dengan berbagai macam video atau nukilan buku yang membicarakan kekuatan suara-suara di kepala Anda. Semuanya menekankan bahwa jika Anda percaya dan yakin, keinginan Anda akan terwujud.

Kesadaran bahwa Anda bisa sukses, dan terus mengatakan pada diri sendiri bahwa Anda bisa, akan sangat mampu meningkatkan pandangan Anda tentang berbagai hal. Hal itu juga dapat meningkatkan keinginan Anda untuk bekerja keras, yang pada gilirannya akan membantu Anda untuk sukses.

Memang pembahasan di atas terkesan agak filosofis, tetapi ada baiknya mengingat bahwa semua yang terjadi dalam hidup merupakan akibat perbuatan kita sendiri.

Kita tidak dapat mengontrol, misalnya, cara mengemudi ugal-ugalan dari Driver Gojek pesanan kita. Namun, kita tentu sadar bahwa cara kita bereaksi terhadap tindakan ugal-ugalannya itu akan mampu memengaruhi sisa hari mereka dan apa yang terjadi dengan kita nanti.

Meskipun kita tidak dapat mengontrol apa yang orang lain lakukan, kita dapat meredakan situasi (sesuatu yang harus diketahui oleh para pekerja publik relation profesional). Kita juga dapat memengaruhi cara dia bereaksi terhadap kita.

Mungkin agak sulit untuk marah kepada seseorang ketika mereka mencoba bersikap baik kepada kita. Ini juga menunjukkan bahwa kita dapat memengaruhi lingkungan sekitar kita dan membantu mengubah hidup kita ke arah yang kita inginkan.

Tindakan kita merupakan tanggung jawab kita sendiri, dan kita dapat memilih untuk menerimanya atau tidak. Dengan tidak menerima tindakan kita (baik atau buruk), bagaimana kita bisa menerima kesuksesan (maupun kegagalan) kita? Kita mesti bertanggung jawab atas kesuksesan kita sendiri. Dengan demikian, kita harus bertanggung jawab atas kegagalan, maupun kekurangan kita.

Dalam hal kesuksesan Public Relation, tidak ada yang namanya keberuntungan. Apa yang terjadi sebagai tanggapan atas rencana PR dan upaya PR Anda mencerminkan upaya, hasil, dan niat Anda di balik tindakan Anda.

Keberuntungan bukanlah komponen dari rencana PR yang bagus atau bagian dari strategi PR yang sukses. Dibutuhkan penelitian, rasa hormat terhadap orang lain (yaitu, reporter, jurnalis, blogger, komunitas, alat-alat promosi, dan bisnis lainnya), perencanaan, dan pemahaman menyeluruh tentang perusahaan, industri, dan situasi Anda.

Ini adalah komponen dari strategi atau rencana PR yang unggul. Selain itu, Anda membutuhkan pemahaman tentang audiens dan target pasar Anda. Tanpa pemahaman yang jelas mengenai tujuan pesan dan usaha yang Anda kerahkan, pastilah Anda tidak akan berhasil.

Akhirnya, orang-orang sukses yang tampaknya melakukan "hal yang persis sama" seperti Anda, sebenarnya tidak melakukan hal yang persis sama. Mereka mungkin sudah melakukannya lebih lama, mengenal lebih banyak orang untuk terhubung, dan memiliki lebih banyak pilihan untuk mencapai kesuksesan itu daripada Anda.

Ingatlah bahwa tidak ada satu pun situasi yang sama persis antara satu perusahaan dengan perusahaan lainnya. Oleh karena itu, Anda tidak boleh melakukan hal yang sama seperti perusahaan lain. Jika Anda mencoba meniru aktivitas perusahaan lain yang menurut Anda sukses, tetapi ternyata Anda gagal, bisa jadi itu penyebabnya.

Mereka bekerja sesuai aktivitas yang telah disesuaikan untuk mereka sendiri. Anda harus, dengan cara yang sama, membuat aktivitas dan rencana yang sesuai untuk Anda dan perusahaan Anda.

Tidak ada keajaiban dalam mencari kesuksesan Public Relation. Memang tampaknya ada beberapa contoh public relation yang sedemikian sukses hingga terkesan misterius dan ajaib. Ada pula beberapa "formula" yang berhasil diterapkan di setiap perusahaan. Perlu diingat bahwa ada yang menawarkan sihir atau jalan pintas untuk mengabulkan keinginan Anda, maka ada sesuatu yang salah.

Artikel Terkait: Sejarah Public Relation

この記事へのコメント